Bhumibol Adulyadej Monarki paling lama berkuasa didunia meninggal dunia

2:12 AM


Bhumibol Adulyadej adalah raja Thailand kesembilan dari Dinasti Charki. Setelah resmi menduduki tahta Thailand tahun 1946, beliau merupakan monarki paling lama berkuasa di dunia. Raja Bhumibol sudah selama tujuh dekade menjabat kekuasaannya.

Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej, tutup usia pada Kamis, 13 Oktober. Raja yang diketahui berkuasa paling lama di Negeri Gajah Putih itu, wafat di usia 88 tahun.

Bhumibol wafat di Rumah Sakit Siriraj dengan dama pada pukul 15:52 waktu setempat. Pengumuman mengenainya wafatnya Raja juga disiarkan melalui televisi tepat sebelum pukul 19:00. Mereka menayangkan pengumuman khusus itu dengan menampilkan foto hitam putih sang Raja.

 Sebagian besar warga Thailand hanya mengenal Bhumibol sebagai sosok Raja yang ada.Bhumibol diketahui memiliki peranan sebagai pemersatu dua golongan terbelah di Negeri Gajah Putih itu.

Kematian Bhumibol juga menjadi ujian terberat bagi kelompok militer yang mengambil alih kekuasaan melalui kudeta pada tahun 2014 lalu. Ketika itu mereka berjanji akan mengembalikan stabilitas Thailand setelah selama 10 tahun dilanda kekacauan politik.

Pengumuman pada hari ini juga menyebut Putra Mahkota, Maha Vajiralongkorn (64 tahun) sebagai penerus Bhumibol. Walau publik pesimitis terhadap kemampuannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »